Monday, March 16, 2020

soal pat tema 9 kls 6 sesi 1


1.   Arti semboyan Bhineka Tunggal Ika adalah  . . . .
A.   persatuan dan kesatuan
B.   menghargai keberagaman yang sama
C.   berbeda-beda tetapi tetap satu
D.   sambung-menyambung menjadi satu

2.    Dampak peristiwa persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri adalah munculnya sikap….
A. puas diri
B. percaya diri
C. tinggi hati
D. tenggang rasa

3.    Perhatikan gambar berikut !
Hasil gambar untuk gambar diskusiContoh  upaya membina persatuan dan kesatuan  sesuai gambar adalah....
A.             selalu menghargai pendapat orang lain.
B.             Menunjukan sikap berkuasa
C.            Mengutamakan kepentingan pribadi
D.            Bersikap rendah diri dalam berpendapat

4.    Komang dan keluarganya selalu membicarakan hal-hal yang akan dilakukan oleh anggota keluarga secara bersama.
Manfaat sikap tersebut adalah
A.     Terciptanya persaingan antar anggota keluarga
B.     Semua perbedaan dapat teratasi dengan baik
C.     Keperluan pribadi selalu diutamakan
D.     Kewajiban dan hak akan terganggu


5.    Azhar dan Jonathan hidup bertetangga . Walau beda agama mereka hidup dengan damai dan sangat rukun. Perbedaan yang ada tidak menjadikan mereka saling bertentangan. Mereka sangat memegang teguh persatuan dan kesatuan.
Berdasarkan ilustrasi tersebut dampak negatif yang dapat terjadi jika nilai-nilai persatuan dan kesatuan hilang dari masyarakat adalah… .
A.   terciptanya kehidupan bermasyarakat yang tidak rukun dan harmonis
B.   saling mengandalkan dalam mengerjakan tugas rumah
C.   memaksakan kehendak ketika musyawarah pemilihan kelas
D.   hidup bermasyarakat semakin damai dan sejahtera
  1. Di sekolah Anton sedang diadakan pentas tari daerah. Saat itu sedang dipentaskan tarian dari daerah lain. Contoh perilaku menghormati keragaman budaya daerah yang dapat dilakukan Anton adalah . . . .
A.  meninggalkan tempat pementasan dengan sopan, karena kurang tertarik
B.  menyaksikan pertunjukan itu meskipun dengan hati terpaksa
C. mengusulkan kepada panitia agar tarian tersebut dihentikan
D. menyaksikan acara sampai selesai dengan senang hati

7.    Bacalah wacana berikut!
Pak Sobirin mengikuti  acara musyawarah warga di balai desa.  Musyawarah tersebut membahas tentang persiapan perayaan hari Kemerdekaan di lingkungannya.  Terjadi silang pendapat antara Pak Sobirin dan Pak Musa tentang perlombaan.  Pak Rian, selaku kepala desa segera menyelesaikan silang pendapat tersebut.  Pak Sobirin dan Pak Musa akhirnya menerima keputusan Musyawarah.
Kesimpulan dari wacana tersebut yaitu ....
A.     Pak Musa tidak suka bertengkar di depan umum
B.     Pak Sobirin termasuk orang yang mudah mengalah
C.     Musyawarah akan membantu memberikan jalan keluar atas  permasalahan
D.     Musyawarah hanya dapat dilakukan untuk membahas permasalahan di desa
  1. Daffa tinggal di kompleks perumahan yang tetangganya dari berbagai suku, seperti Siti dari suku Jawa, Alex dari Medan dan masih banyak lagi. Warga di perumahan tersebut selalu hidup rukun dan saling membantu.
Yang akan terjadi jika hilangnya nilai persatuan dan kesatuan di komplek perumahan tersebut adalah  . . . .
A.     Anak-anak seperti Daffa akan bermain dengan tenang
B.     Kompleks perumahan akan selalu ramai dengan kegiatan kerjasama antar warga
C.     Warga akan merasa aman dan damai tinggal di kompleks tersebut
D.     Terjadinya persaingan antar warga yang berbeda suku

  1. Tanggal 16 Agustus tahun 2019 bertempat di Jogjakarta tepatnya di wilayah Kayen Raya diadakan perlombaan Hari Kemerdekaan Indonesia yakni panjat pinang. Peserta Panjat Pinang ini adalah warga masyarakat Kayen Raya. Kami menyaksikan acara ini beramai-ramai. Pada mulanya masing-masing peserta bersaing satu sama lain untuk memanjat dan mendapatkan hadiah yang digantung. Sayangnya, hal ini sulit diwujudkan karena batang yang sudah diolesi oli sangat licin. Untuk menaklukkan batang pinang tersebut maka peserta pun harus bekerja sama saling menopang dan mendukung agar mampu memanjat tinggi. Kerja sama ini adalah wujud nyata persatuan yang kemudian membawa manfaat mencapai tujuan yang diinginkan bersama-sama  . . . .
Berdasarkan ilustrasi manfaat adanya persatuan dan kesatuan adalah  . . . .
A.   Tercapainya tujuan bersama
B.   Terjadinya persaingan antar warga
C.   Teciptanya sifat mementingkan diri sendiri
D.   Terjadinya perpecahan
  1. Keberagaman suku, agama, ras, dan antar golongan dalam masyarakat Indonesia tidak boleh menjadi penghalang terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. sebagai warga negara Indonesia kita wajib . . . .
A.   saling menghormat dan toleran terhadap keberagaman
B.   Menghormati dan menjaga kerukunan umat seagama
C.   Menghilangkan segala macam perbedaan yang ada
D.   Menjalin persaudaraan dengan orang yang sama sukunya


I.      BAHASA INDONESIA

KD. 3.9



Perhatikan teks berikut untuk menjawab soa nomor 11-15 !

Jonas adaian anak yang mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi Jonas bercita-cita menjadi astronaut. la sangat mengagumi keindahan angkasa luar. Kebetulan, kakak Jonas,Kak Andre berkuliah di jurusan ilmu astronomi.
Jonas tidak pernah bosan bertanya kepada Kak Andre tentang benda-benda angkasa luar. Kak Andre juga selalu memberikan buku-buku untuk menambah pengetahuan angkasa luar Jonas. Jonas membaca buku-buku tersebut dengan senang. Kak Andre selalu berada di samping Jonas setiap Jonas membaca buku dan siap menjelaskan bila Jonas belum paham.

Sebelum tidur pun, Jonas membicarakan hal-hal yang ia temui di buku yang diberikan Kak Andre. Saking asyiknya, Jonas tidak sadar jika Kak Andre sudah terlelap. Ketika sadar bahwa Kak Andre sudah tertidur, Jonas pun berhenti berbicara dan bersiap untuk tidur.

11.      Teks tersebut termasuk teks  . . . .
A.   Non fiksi karena bersumber pada dongeng
B.   Non fikdi kerena berisi kejadian factual
C.   Fiksi karena berupa opini
D.   Fiksi kaena berisi karangan atau khayalan penulis.

12.      Tokoh utama dan tokoh tambahan pada cerita tersebut adalah  . . . .
A.   Andre dan Jonas                                                 
B.   Jonas dan Andre                                     
C.   Andre
D.   Jonas

13.      Watak tokoh utama dalam cerita tersebut adalah  . . . .
A.   pemalas                                                     
B.   pekerja keras                                                        
C.   sombong
D.   rendah hati

14.      Kalimat yang menunjukan sikap tokoh utama adalah  . . . .
A.   Kak Andre berkuliah di jurusan ilmu astronomi.
B.   Kak Andre selalu berada di samping Jonas setiap Jonas membaca buku dan siap menjelaskan bila Jonas belum paham
C.   Jonas tidak pernah bosan bertanya kepada Kak Andre tentang benda-benda angkasa luar
D.   la sangat mengagumi keindahan angkasa luar

15.      Judul yang tepat sesuai cerita fiksi tersebut adalah  . . . .
A.   Jonas dan Andre
B.   Cita-cita Jonas
C.   Buah Kesabaran
D.   Astronomi Cilik



KD. 3.10



  Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 15- 19 !
Setelah belajar di kamar, Nina menghampiri ibunya yang sedang menonton televisi.
"Sudah selesai belajarnya, Nak?" tanya Ibu.
udah, Bu. ” Bu, bolehkah aku minta dibelikan telepon pintar?" tanya Nina.
“Kenapa kamu tiba-tiba meminta untuk dibelikan telepon pintar, Nak, ?” jawab Ibu sambil tersenyum heran.
Walaupun keluarga Nina berasal dari keluarga yang berkecukupan, tapi orang tua Nina memang sengaja untuk membelikan Nina telepon biasa. Hal ini dilakukan orang tua Nina agar anaknya tidak terpengaruh oleh gadget.
“Semua temanku sudah memakai telepon pintar, Bu. Mereka menggunakannya  untuk
Berinteraksi di media sosial. Mereka menanyakan PR, membahas yang harus disiapkan
 dibawa ke sekolah, bahkan mencari informasi dari sumber lain, “ jawab Nina
"Tapi kan, semua itu bisa kamu lakukan dari telepon kamu itu, Nak,” ucap lbu
"Tidak, Bu. Sekarang tidak banyak yang membalas pesan singkatku dan juga untuk mencari informasi dari internet untuk mengerjakan tugas, Bu,” jawab Nina
"Baiklah, Nak. Ibu dan ayah akan membelikanmu telepon pintar jika nanti sudah punya uang, ya” ucap ibu mengiyakan permintaan Nina.
"Asyik. Terima kasih, lbu. Nina janji akan lebih semangat lagi belajar, “ teriak Nina yang tak kuasa menahan rasa bahagianya.
"Eits. jangan senang dulu. lbu akan tetap mengawasimu dalam menggunakan telepon pintar itu. Kamu tetap harus hati-hati menggunakan telepon pintar it
"Baik, Bu. Nina akan menuruti nasehat lbu, jawab Nina dengan penuh semangat.

16.        Permasalahan apa yang terjadi pada teks fiksi tersebut  adalah  . . . .
A.   Nina terpengaruh gadget
B.   Nina memaksa ibunya untuk memebelikan telepon pintar
C.   Ibu tidak mau membelikan telepon pintar untuk Nina
D.   Nina meminta dibelikan telepon pintar kepada ibunya

17.        Pesan ibu pada  Nina pada teks fiksi tersebut adalah  . . . .
A.     Tapi kan, semua itu bisa kamu lakukan dari telepon kamu itu, Nak.
B.     Baiklah, Nak. Ibu dan ayah akan membelikanmu telepon pintar jika nanti sudah punya    
    uang, ya
C.    Kamu tetap harus hati-hati menggunakan telepon pintar itu !
D.    Asyik. Terima kasih, lbu. Nina janji akan lebih semangat lagi belajar,  

18.  Watak tokoh utama dan tambahan adalah  . . . .
A.     Pemaksa dan penyabar
B.     Pintar dan pemaksa
C.     Penyabar dan bijaksana
D.     Sederhana dan pemarah
19.      Fatimah murid kelas VI SD Mutiara. Ia tergolong anak rajin. Sepulang sekolah, ia membantu ibu membersihkan rumah. Sekalipun banyak pekerjaan di rumah, ia tidak pernah lupa menyelesaikan tugas sekolah. Prestasi Fatimah di sekolah juga tetap memuaskan. Itu sebabnya, Fatimah sering mendapatkan pujian dari guru dan disukai  oleh teman-teman. 
          Berikut  tokoh yang mempunyai pengalaman yang sama dengan tokoh Fatimah  adalah   ....
A.     Andi dipuji karena ia rajin dan berbakti kepada orung tua.
B.     Anak yang suka membantu orang tua akan mandapat pahala
C.     Semua pekerjaan berat dapat diselesaikan oleh Chandra.
D.     Dika memiliki banyak tugas dan akan mendapat pujian.

20.      Perhatikan dua teks berikut!

Rafa mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah. Ia belajar secara rutin. Setiap hari ia memulai belajar pukul 19.00 WIB. la baru berhenti belajar saat jam menunjukkan pukul 21.30 WIB. Biasanya ia belajar bersama ibunya. Rafa sangat berharap dalam ujian nanti, ia lulus dengan nilai memuaskan sehingga bisa diterima di SMP favorit di kotanya.

 
         Teks Fiksi 1






        Teks fiksi 2

Ridho, siswa kelas V. Dia termasuk anak yang tidak pandai. Meskipun begitu, ia tidak pernah merasa rendah diri. Ia selalu bertanya jika ada materi pelajaran yang belum dipahami. Setiap kali ada ulangan. ia berusaha sungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai terbaik. Demikian juga pada kenaikan kelas nanti, ia berharap mendapatkan nilai memuaskan. Ridho juga ingin agar ibunya merasa bangga. 

 
 







   Persamaan kedua tokoh pada kedua teks fiksi tersebut adalah ....
A. Ketekunan dalam belajar agar lulus ujian.
B. Kasih sayang seorang anak terhadap ibunya.
C. Semangat belajar untuk meraih nilai tinggi.
D. Kerja keras dalam belajar agar naik kelas.

No comments:

Post a Comment