1. Arti semboyan Bhineka Tunggal Ika adalah . . . .
A.
persatuan dan kesatuan
B.
menghargai keberagaman yang sama
C.
berbeda-beda tetapi tetap satu
D.
sambung-menyambung menjadi satu
2. Dampak
peristiwa persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri adalah munculnya sikap….
A. puas diri
B. percaya diri
C. tinggi hati
A. puas diri
B. percaya diri
C. tinggi hati
D. tenggang rasa
3. Perhatikan gambar berikut !
Contoh upaya membina persatuan dan kesatuan sesuai gambar adalah....
A.
selalu
menghargai pendapat orang lain.
B.
Menunjukan
sikap berkuasa
C.
Mengutamakan
kepentingan pribadi
D.
Bersikap rendah diri dalam berpendapat
4.
Komang dan keluarganya
selalu membicarakan hal-hal yang akan dilakukan oleh anggota keluarga secara
bersama.
Manfaat sikap tersebut adalah
A. Terciptanya persaingan antar anggota keluarga
B. Semua perbedaan dapat teratasi dengan baik
C. Keperluan pribadi selalu diutamakan
D.
Kewajiban dan hak
akan terganggu
5.
Azhar dan Jonathan hidup bertetangga . Walau
beda agama mereka hidup dengan damai dan sangat rukun. Perbedaan yang ada tidak
menjadikan mereka saling bertentangan. Mereka sangat memegang teguh persatuan
dan kesatuan.
Berdasarkan ilustrasi tersebut dampak negatif yang dapat terjadi jika nilai-nilai persatuan dan kesatuan hilang dari masyarakat adalah… .
Berdasarkan ilustrasi tersebut dampak negatif yang dapat terjadi jika nilai-nilai persatuan dan kesatuan hilang dari masyarakat adalah… .
A. terciptanya
kehidupan bermasyarakat yang tidak rukun dan harmonis
B. saling
mengandalkan dalam mengerjakan tugas rumah
C. memaksakan
kehendak ketika musyawarah pemilihan kelas
D. hidup
bermasyarakat semakin damai dan sejahtera
- Di sekolah Anton sedang diadakan pentas
tari daerah. Saat itu sedang dipentaskan tarian dari daerah lain. Contoh
perilaku menghormati keragaman budaya daerah yang dapat dilakukan Anton
adalah . . . .
A. meninggalkan tempat
pementasan dengan sopan, karena kurang tertarik
B. menyaksikan
pertunjukan itu meskipun dengan hati terpaksa
C. mengusulkan kepada
panitia agar tarian tersebut dihentikan
D. menyaksikan acara
sampai selesai dengan senang hati
7.
Bacalah wacana berikut!
Pak
Sobirin mengikuti acara musyawarah warga
di balai desa. Musyawarah tersebut
membahas tentang persiapan perayaan hari Kemerdekaan di lingkungannya. Terjadi silang pendapat antara Pak Sobirin
dan Pak Musa tentang perlombaan. Pak
Rian, selaku kepala desa segera menyelesaikan silang pendapat tersebut. Pak Sobirin dan Pak Musa akhirnya menerima
keputusan Musyawarah.
Kesimpulan dari wacana tersebut yaitu ....
A. Pak
Musa tidak suka bertengkar di depan umum
B. Pak
Sobirin termasuk orang yang mudah mengalah
C. Musyawarah
akan membantu memberikan jalan keluar atas
permasalahan
D. Musyawarah
hanya dapat dilakukan untuk membahas permasalahan di desa
- Daffa tinggal di
kompleks perumahan yang tetangganya dari berbagai suku, seperti Siti dari
suku Jawa, Alex dari Medan dan masih banyak lagi. Warga di perumahan
tersebut selalu hidup rukun dan saling membantu.
Yang akan terjadi jika
hilangnya nilai persatuan dan kesatuan di komplek perumahan tersebut
adalah . . . .
A. Anak-anak
seperti Daffa akan bermain dengan tenang
B. Kompleks
perumahan akan selalu ramai dengan kegiatan kerjasama antar warga
C. Warga
akan merasa aman dan damai tinggal di kompleks tersebut
D. Terjadinya
persaingan antar warga yang berbeda suku
- Tanggal 16
Agustus tahun 2019 bertempat di Jogjakarta tepatnya di wilayah Kayen Raya
diadakan perlombaan Hari Kemerdekaan Indonesia yakni panjat pinang.
Peserta Panjat Pinang ini adalah warga masyarakat Kayen Raya. Kami
menyaksikan acara ini beramai-ramai. Pada mulanya masing-masing peserta bersaing
satu sama lain untuk memanjat dan mendapatkan hadiah yang digantung.
Sayangnya, hal ini sulit diwujudkan karena batang yang sudah diolesi oli
sangat licin. Untuk menaklukkan batang pinang tersebut maka peserta pun
harus bekerja sama saling menopang dan mendukung agar mampu memanjat
tinggi. Kerja sama ini adalah wujud nyata persatuan yang kemudian membawa
manfaat mencapai tujuan yang diinginkan bersama-sama . . . .
Berdasarkan ilustrasi
manfaat adanya persatuan dan kesatuan adalah
. . . .
A. Tercapainya
tujuan bersama
B. Terjadinya
persaingan antar warga
C. Teciptanya
sifat mementingkan diri sendiri
D. Terjadinya
perpecahan
- Keberagaman suku, agama, ras, dan antar golongan
dalam masyarakat Indonesia tidak boleh menjadi
penghalang terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa. sebagai warga negara
Indonesia kita wajib . . . .
A. saling
menghormat dan toleran terhadap keberagaman
B. Menghormati dan menjaga kerukunan umat seagama
C. Menghilangkan segala macam perbedaan yang
ada
D. Menjalin persaudaraan dengan orang yang sama sukunya
I. BAHASA INDONESIA
KD. 3.9
|
Perhatikan
teks berikut untuk menjawab soa nomor 11-15 !
Jonas
adaian anak yang mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi Jonas bercita-cita
menjadi astronaut. la sangat mengagumi keindahan angkasa luar. Kebetulan, kakak
Jonas,Kak Andre berkuliah di jurusan ilmu astronomi.
Jonas tidak pernah
bosan bertanya kepada Kak Andre tentang benda-benda angkasa luar. Kak Andre
juga selalu memberikan buku-buku untuk menambah pengetahuan angkasa luar Jonas.
Jonas membaca buku-buku tersebut dengan senang. Kak Andre selalu berada di
samping Jonas setiap Jonas membaca buku dan siap menjelaskan bila Jonas belum
paham.
Sebelum tidur pun,
Jonas membicarakan hal-hal yang ia temui di buku yang diberikan Kak Andre.
Saking asyiknya, Jonas tidak sadar jika Kak Andre sudah terlelap. Ketika sadar
bahwa Kak Andre sudah tertidur, Jonas pun berhenti berbicara dan bersiap untuk
tidur.
11. Teks
tersebut termasuk teks . . . .
A. Non
fiksi karena bersumber pada dongeng
B. Non
fikdi kerena berisi kejadian factual
C. Fiksi
karena berupa opini
D. Fiksi
kaena berisi karangan atau khayalan penulis.
12. Tokoh
utama dan tokoh tambahan pada cerita tersebut adalah . . . .
A. Andre
dan Jonas
B. Jonas
dan Andre
C. Andre
D. Jonas
13. Watak
tokoh utama dalam cerita tersebut adalah
. . . .
A. pemalas
B. pekerja
keras
C. sombong
D. rendah
hati
14. Kalimat
yang menunjukan sikap tokoh utama adalah
. . . .
A. Kak
Andre berkuliah di jurusan ilmu astronomi.
B. Kak
Andre selalu berada di samping Jonas setiap Jonas membaca buku dan siap
menjelaskan bila Jonas belum paham
C. Jonas
tidak pernah bosan bertanya kepada Kak Andre tentang benda-benda angkasa luar
D. la
sangat mengagumi keindahan angkasa luar
15. Judul
yang tepat sesuai cerita fiksi tersebut adalah
. . . .
A. Jonas
dan Andre
B. Cita-cita
Jonas
C. Buah
Kesabaran
D. Astronomi
Cilik
KD. 3.10
|
Bacalah teks
berikut untuk menjawab soal nomor 15- 19 !
Setelah belajar di kamar, Nina
menghampiri ibunya yang sedang menonton televisi.
"Sudah selesai belajarnya,
Nak?" tanya Ibu.
udah, Bu. ” Bu, bolehkah aku
minta dibelikan telepon pintar?" tanya Nina.
“Kenapa kamu tiba-tiba meminta untuk dibelikan telepon pintar, Nak, ?”
jawab Ibu sambil tersenyum heran.
Walaupun keluarga Nina berasal dari keluarga yang berkecukupan, tapi
orang tua Nina memang sengaja untuk membelikan Nina telepon biasa. Hal ini
dilakukan orang tua Nina agar anaknya tidak terpengaruh oleh gadget.
“Semua temanku sudah memakai
telepon pintar, Bu. Mereka menggunakannya
untuk
Berinteraksi di media sosial.
Mereka menanyakan PR, membahas yang harus disiapkan
dibawa ke sekolah, bahkan mencari informasi
dari sumber lain, “ jawab Nina
"Tapi kan, semua itu bisa
kamu lakukan dari telepon kamu itu, Nak,” ucap lbu
"Tidak, Bu. Sekarang tidak banyak yang membalas pesan singkatku dan
juga untuk mencari informasi dari internet untuk mengerjakan tugas, Bu,” jawab
Nina
"Baiklah, Nak. Ibu dan ayah akan membelikanmu telepon pintar jika
nanti sudah punya uang, ya” ucap ibu mengiyakan permintaan Nina.
"Asyik. Terima kasih, lbu. Nina janji akan lebih semangat lagi
belajar, “ teriak Nina yang tak kuasa menahan rasa bahagianya.
"Eits. jangan senang dulu. lbu akan tetap mengawasimu dalam
menggunakan telepon pintar itu. Kamu tetap harus hati-hati menggunakan telepon
pintar it
"Baik, Bu. Nina akan
menuruti nasehat lbu, jawab Nina dengan penuh semangat.
16. Permasalahan apa yang terjadi pada teks fiksi
tersebut adalah . . . .
A. Nina
terpengaruh gadget
B. Nina
memaksa ibunya untuk memebelikan telepon pintar
C. Ibu
tidak mau membelikan telepon pintar untuk Nina
D. Nina
meminta dibelikan telepon pintar kepada ibunya
17. Pesan ibu pada Nina pada teks fiksi tersebut adalah . . . .
A. Tapi kan, semua itu bisa kamu lakukan dari telepon
kamu itu, Nak.
B. Baiklah, Nak. Ibu dan ayah akan membelikanmu telepon
pintar jika nanti sudah punya
uang, ya
C. Kamu tetap harus hati-hati menggunakan telepon pintar
itu !
D. Asyik. Terima kasih, lbu. Nina janji akan lebih semangat lagi belajar,
18. Watak tokoh utama dan
tambahan adalah . . . .
A. Pemaksa
dan penyabar
B. Pintar
dan pemaksa
C. Penyabar
dan bijaksana
D. Sederhana
dan pemarah
19.
Fatimah
murid kelas VI SD Mutiara. Ia tergolong anak rajin. Sepulang sekolah, ia
membantu ibu membersihkan rumah. Sekalipun banyak pekerjaan di rumah, ia tidak
pernah lupa menyelesaikan tugas sekolah. Prestasi Fatimah di sekolah juga tetap
memuaskan. Itu sebabnya, Fatimah sering mendapatkan pujian dari guru dan
disukai oleh teman-teman.
Berikut tokoh yang mempunyai pengalaman yang sama
dengan tokoh Fatimah adalah ....
A. Andi dipuji karena ia rajin dan berbakti kepada orung tua.
B. Anak yang suka membantu orang tua akan mandapat pahala
C. Semua pekerjaan berat dapat diselesaikan oleh Chandra.
D. Dika memiliki banyak tugas dan akan mendapat pujian.
20. Perhatikan
dua teks berikut!
|
Teks fiksi 2
|
Persamaan
kedua tokoh pada kedua teks fiksi tersebut adalah ....
A. Ketekunan dalam belajar agar lulus ujian.
B. Kasih sayang seorang anak terhadap ibunya.
C. Semangat
belajar untuk meraih nilai tinggi.
D. Kerja keras dalam belajar agar naik kelas.
No comments:
Post a Comment