I. Berilah tanda X
(silang) pada huruf A, B, C dan D sebagai jawaban yang paling benar!
1.
Perhatikan
gambar berikut!
|
Kegiatan pada gambar yang
menunjukkan sikap tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungan adalah . .
. .
A.
Warga
di kampung Damai sedang bekerja bakti membersihkan selokan.
B.
Warga
kampung Damai sedang menanam pohon di pinggir jalan.
C.
Warga
di kampung Damai sedang melaksanakan ronda malam
D.
Warga
sedang mengantre membuang sampah.
|
2.
Perhatikan
gambar berikut!
Aktivitas
yang tampak pada gambar merupakan perolehan hak pelajar menggunakan
fasilitas di . . . .
A. rumah
B. kantor
C. sekolah
D. toko buku
|
|
3. Perhatikan
gambar berikut dengan seksama!
|
|
|
1 2
3
|
3
|
|
1
|
2
|
4 5
Contoh hak yang diperoleh seorang
anak di rumah ditunjukkan gambar nomor . . . .
A. 1, 2, dan 3 B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 5 D. 2,
4, dan 5
4. Perhatikan
gambar dengan seksama!
Pelaksana dan tujuan dari
kegiatan yang tampak pada gambar tersebut adalah . . . .
A.
Posyandu
diadakan secara rutin, dihadiri semua warga yang membutuhkan untuk menjaga
kesehatan warga.
B.
Musyawarah
warga diadakan secara terjadwal, semua warga wajib hadir untuk menjaga
keakraban warga.
C.
Rapat
Karang Taruna diadakan secara rutin, semua pemuda sebagai anggotanya untuk kesejahteraan
warga.
D.
Ronda
diadakan secara bergilir, semua warga mendapatkan tugas ronda untuk menjaga
keamanan lingkungan.
|
|
5. Cermati
ilustrasi berikut!
Wino dan teman – temannya setiap hari
belajar mengendarai motor walaupun mereka belum cukup umur. Mereka
sering kebut – kebutan di jalan raya
seolah –olah jalanan milik mereka. Banyak orang yang sudah menegurnya,
namun tidak dipedulikan oleh Wino. Warga semakin marah saat mereka ngebut di
jalan sempit karena banyak anak kecil yang sedang bermain.
|
|
Pernyataan
berdasarkan ilustrasi tersebut yang sesuai dengan norma yaitu, Wino dan
temannya . . .
A.
tidak
peduli walau telah mengganggu hak rasa aman dan nyaman para warga.
B.
telah
melakukan kebebasan dalam memenuhi haknya dan tidak perlu bertanggung jawab.
C.
memiliki
hak belajar berkendara namun wajib memerhatikan hak orang lain dan aturan
berlalu lintas.
D.
telah
memenuhi haknya sebagai pengguna jalan dan bebas melakukan perbuatan yang
mereka inginkan.
6. Perhatikan
tabel dengan seksama!
No
|
Perilaku
/ Sikap
|
1.
|
Taat dan hormat kepada Guru dan Kepala Sekolah.
|
2.
|
Ikut bertanggung jawab atas
kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
|
3.
|
Jika akan /bepergian harus pamit dan minta izin orang tua.
|
4.
|
Berbicara yang lemah lembut kepada
orang tua
|
5.
|
Ikut bertanggung jawab atas
pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada di sekolah.
|
Tata tertib di sekolah pada tabel
tersebut ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1, 2, dan 4 B. 1, 2, dab 5 C.
2, 3, dan 4 D.
3, 4, dan 5
7.
Cermati
cerita bergambar berikut!
|
Ketika ulangan, Anti tidak bisa menjawab beberapa
soal. Teman yang duduk di sebelah Anti bisa menjawabnya. Sementra teman
Anti yang duduk dibangku belakang kerjasama dan saling mencontek.
|
Berdasarkan cerita tersebut, Sikap
yang sebaiknya Anti lakukan saat itu adalah . . . .
A.
Anti
memaksakan diri untuk menjawab soal-soal itu semampunya dan tidak terpengaruhi
dengan temannya yang lain.
B.
Anti
memaksa teman di sebelahnya itu, untuk memberi tahu jawabannya dan mengancam
akan musuhinya.
C.
Anti
mengambil kertas ulangan temannya yang sedang mencontek dan melaporkan kepada
guru.
D.
Anti
diam-diam mencontek beberapa soal jawaban dari teman sebelahnya itu.
8.
Cermatilah gambar dan pernyataan berikut!
Manfaat yang didapat masyarakat:
1)
Mewujudkan pemerintahan yang demokratis.
2)
Membiayai subsidi pangan dan Bahan Bakar Minyak
3)
Sebagai anggaran pengembangan Alat transportasi Massa
4)
Mendanai tim sukses pasangan calon legislatif tertentu
dalam pelaksanaan pemilu.
5)
Membiayai pembangunan yang dapat membuka kesempatan kerja
dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
|
|
Manfaat yang didapat masyarakat
dari ketaatan warga negara seperti yang tampak pada gambar ditunjukkan nomor .
. .
A. 1, 2, dan 3 C. 2, 3, dan 5
B. 2, 3, dan 4 D. 3, 4, dan 5
9. Cermatilah
gambar berikut!
Berikut
ini dampak yang diperoleh masyarakat dari melaksanakan hak yang tampak
seperti gambar, kecuali . . .
A. Mendukung tercapainya tujuan
nasional.
B. Mengurangi anggaran
pendapatan negara
C. Mempercepat pembangunan
nasional.
D. Mewujudkan pemerintahan yang
demokratis.
|
|
Hak peserta didik di Sekolah :
|
1
mendapat perlakuan adil (nilai) dari guru
|
2
meminjam buku di perpustakaan.
|
3
mempunyai banyak teman.
|
4
merasa nyaman selama belajar di sekolah
|
5
menggunakan fasilitas yang ada di sekolah
|
Kewajiban peserta didik di Sekolah :
|
K.
mengembalikan buku melebihi batas waktu
|
L.
merawat fasilitas yang ada disekolah
|
M.
menjaga kebersihan dan keindahan sekolah
|
N.
mengerjakan tugas dari guru.
|
O.
menghargai dan saling membantu teman
|
10. Cermati
tabel berikut!
Berdasarkan tabel tersebut,
pasangan yang tepat antara Hak dan Kewajiban adalah . . . .
A. 1 – M, 2 – K, 3 – N, dan 4 –
L
B. 1 – K, 2 – M, 3 – N, dan 5
– L
C. 1 – L, 3 – N, 4 – M, dan 5
– K
D. 1 – N, 3 – O, 4 – M, dan 5 –
L
Makna Proklamasi bagi Bangsa
Indonesia
Proklamasi
berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti
pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Setiap bangsa pasti menginginkan
kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin
dicapai. Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah, atas
nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada
tanggal 17 Agustus 1945.
Proklamasi
kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa
Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh
negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki
kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang
sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan
internasional.
|
11. Judul teks tersebut adalah ….
A. Asal Kata Proklamasi
B. Bapak Proklamasi Indonesia
C. Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia
D. Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan
Indonesia
12. Kata kunci pada judul bacaan
tersebut adalah . . . .
A. Makna Proklamasi C. Bangsa Indonesia
B. Teks Proklamasi D. Proklamasi Indonseia
13. Informasi penting dari teks
tersebut adalah . . . .
A. Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani).
B. “Proclamatio” memiliki arti
pengumuman resmi kepada seluruh rakyat.
C. Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh
setiap bangsa.
D. Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia adalah Indosnesia telah
merdeka dan berdaulat.
………………………………………………………………………………….
Peduli dengan
lingkungan bisa dilakukan siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Seperti
yang dilakukan Flavian Abe Sam, bocah 11 tahun di Abu Dhabi yang telah
mengumpulkan lebih dari 650 kilogram koran bekas dan 60 telepon genggam tak
terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus melakukan apa yang kita bisa
untuk menjaga lingkungan. “Sebuah
perbuatan kecil bisa berdampak besar,” ujar bocah yang masih duduk di
bangku kelas 6 sekolah dasar itu.
Apa yang
dilakukan Sam itu sebagai bagian dari gerakan daur ulang yang diprakarsai
Kelompok Lingkungan Emirat (EEG) dalam kampanye ‘Recycle, Reforest,
Repeat’. Sam yang tercatat sebagai siswa di Sekolah Dasar Al Wathba di Abu
Dhabi, memulai keikutsertaannya dalam gerakan itu dengan menyumbang 450 kg
koran bekas. Kemudian kembali lagi dengan 200 kg koran bekas lainnya.
Sam, dikutip dari
Gulfnews, mulai tertarik pada gerakan lingkungan di usia enam tahun saat
dirinya mengikuti kegiatan serupa di sekolah. Setelahnya, Sam mulai kerap
mengikuti kampanye lingkungan seperti mengumpulkan kertas dan kaleng bekas,
serta penghijauan. Sam bahkan mendatangi sejumlah toko elektronik untuk
mengumpulkan telepon genggam tak
terpakai. ”Aku pernah membaca tentang telepon genggam bekas yang harus
dibuang secara khusus karena mengandung racun,” ujarnya.
|
14. Judul yang tepat untuk bacaan
tersebut adalah . . . .
A. Bocah
Aktivis Peduli Lingkungan
B. Peduli
Lingkungan bisa Dilakukan Di mana saja
C. Keuntungan
Pengumpul Kertas dan Kaleng Bekas
D. Gerakan
Lingkungan harus dimulai dari Usia Enam
Tahun
15. Informasi dari bacaan sesuai
dengan kata kunci adalah . . . .
A. Sam kerap mengikuti kampanye lingkungan
B. Sam mengumpulkan telepon genggam tak terpakai
C. Gerakan daur ulang yang diprakarsai Kelompok Lingkungan
Emirat (EEG)
D. Aktivitas Sam yang peduli lingkungan dengan
cara mengumpulkan koran bekas
16. Makna dari kalimat bercetak tebal
dalam teks tersebut adalah . . . .
A. Perbuatan kecil yang kita lakukan akan
bermanfaat untuk kita sendiri.
B. Sekecil apa pun perbuatan baik yang kita
lakukan akan sangat bermanfaat.
C. Sekali berbuat hal kecil bisa menghasilkan
yang besar
D. Satu perbuatan kecil tidak akan bisa
bermanfaat
17. Perhatikan
teks berikut dengan cermat!
Setiap warga
negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan
secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga
melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya
dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan
warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.”
|
A.
Banyak
manfaat yang atas terpenuhinya hak
B.
Hak
dan kewajiban dilakukan secara seimbang
C.
Kewajiban
dilakukan terlebih dahulu daripada hak
D.
Setiap
warga negara memiliki hak dan kewajiban
18. Perhatikan
judul teks dan kalimat acak berikut !
Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar
Sekolah
1)
Menyikapi
hal ini BPOM menggalakkan aksi nasional menuju makanan jajanan anak sekolah
yang aman, sehat, dan bergizi.
2)
Siswa
sekolah dasar cenderung lebih mudah tertarik dengan makanan yang
berwarna-warni cerah.
3)
Untuk
itu orang tua, siswa, dan sekolah perlu meningkatkan kesadaran akan
pentingnya makanan bergizi serta mengenal tanda-tanda makanan yang tidak
aman dikonsumsi.
4)
Oleh
karenanya, sangat diharapkan peran sekolah untuk menyediakan kantin yang
menjual makanan sehat.
5)
Komunitas
sekolah menjadi mitra yang akan diberdayakan untuk bekerja sama menjalankan
aksi ini.
Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013
Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian
|
Berdasarkan judul teks, susunan
kalimat acak tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah . . . .
A. 1 – 2 – 3 – 4 – 5
B. 2 – 3 – 1 – 5 – 4
C. 2 – 4 – 1 – 5 – 3
D. 3 – 2 – 4 – 5 – 1
Mengapa Harus Melaksanakan Hak?
Pemenuhan hak warga negara Indonesia
berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan
nasional Indonesia. Hal tersebut pemerintah menetapkan hak dan kewajiban
warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia.
Hak dan kewajiban warga negara Indonesia
hendaknya dilakukan secara seimbang. Biasakan mendahulukan kewajiban
daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan
keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.
Pelaksanaan hak warga negara Indonesia
merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Keikutsertaan
warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara. rakyat
akan lebih diperhatikan sehingga kesejahteraan.
|
19. Berikut yang bukan gagasan utama pada setiap paragraf tersebut adalah . . .
A. Kita harus melaksanakan Undang – Undang Dasar.
B. Pemenuhan hak warga negara Indonesia.
C. Pelaksanaan hak dan kewajiban harus seimbang.
D. Pelaksanaan hak warga negara Indonesia dalam pemilu.
20. Perbaikan tata kalimat yang bercetak
tebal pada teks bacaan tersebut adalah .
. . .
A. Kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan sehingga.
B. Sehingga kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.
C. Kesejahteraan rakyat sehingga akan lebih diperhatikan.
D. Sehingga rakyat akan lebih diperhatikan kesejahteraan.
No comments:
Post a Comment