Monday, March 16, 2020

soal pat tema 6 kls 6 sesi 1


I. Berilah tanda X (silang) pada huruf A, B, C dan D sebagai jawaban yang paling benar!
1.      Perhatikan gambar berikut!
Kegiatan pada gambar yang menunjukkan sikap tanggung jawab masyarakat terhadap lingkungan adalah . . . .
A.     Warga di kampung Damai sedang bekerja bakti membersihkan selokan.
B.     Warga kampung Damai sedang menanam pohon di pinggir jalan.
C.     Warga di kampung Damai sedang melaksanakan ronda malam
D.     Warga sedang mengantre membuang sampah.












2.      Perhatikan gambar berikut!
Aktivitas yang tampak pada gambar merupakan perolehan hak pelajar menggunakan fasilitas di . . . .
A.        rumah
B.         kantor
C.         sekolah
D.        toko buku















3.      Perhatikan gambar berikut dengan seksama!
                                      
 




                    1                                                      2                                             3

3
1
2
 








                                              4                                                                5
Contoh hak yang diperoleh seorang anak di rumah ditunjukkan gambar nomor . . . .
A.   1, 2, dan 3                B.   1, 3, dan 4             C.   2, 3, dan 5                        D.   2, 4, dan 5



                                                  
4.      Perhatikan gambar dengan seksama!
Pelaksana dan tujuan dari kegiatan yang tampak pada gambar tersebut adalah . . . .
A.     Posyandu diadakan secara rutin, dihadiri semua warga yang membutuhkan untuk menjaga kesehatan warga.
B.     Musyawarah warga diadakan secara terjadwal, semua warga wajib hadir untuk menjaga keakraban warga.
C.     Rapat Karang Taruna diadakan secara rutin, semua pemuda sebagai anggotanya untuk kesejahteraan warga.
D.     Ronda diadakan secara bergilir, semua warga mendapatkan tugas ronda untuk menjaga keamanan lingkungan.













5.      Cermati ilustrasi berikut!
      Wino dan teman – temannya setiap hari belajar mengendarai motor walaupun mereka belum cukup umur. Mereka sering  kebut – kebutan di jalan raya seolah –olah jalanan milik mereka. Banyak orang yang sudah menegurnya, namun tidak dipedulikan oleh Wino. Warga semakin marah saat mereka ngebut di jalan sempit karena banyak anak kecil yang sedang bermain.








Pernyataan berdasarkan ilustrasi tersebut yang sesuai dengan norma yaitu, Wino dan temannya . . .
A.     tidak peduli walau telah mengganggu hak rasa aman dan nyaman para warga.
B.     telah melakukan kebebasan dalam memenuhi haknya dan tidak perlu bertanggung jawab.
C.     memiliki hak belajar berkendara namun wajib memerhatikan hak orang lain dan aturan berlalu lintas.
D.     telah memenuhi haknya sebagai pengguna jalan dan bebas melakukan perbuatan yang mereka inginkan.   

6.      Perhatikan tabel dengan seksama!
No
Perilaku / Sikap
1.
Taat  dan hormat kepada Guru dan Kepala Sekolah.
2.
Ikut bertanggung jawab atas kebersihan, keamanan, ketertiban sekolah.
3.
Jika akan /bepergian harus  pamit dan minta izin orang tua.
4.
Berbicara yang lemah lembut kepada orang tua
5.
Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabotan yang ada di sekolah.
Tata tertib di sekolah pada tabel tersebut ditunjukkan oleh nomor . . . .
A.  1, 2, dan 4                   B.   1, 2, dab 5                 C.    2, 3, dan 4              D.    3, 4, dan 5
     
7.     
Ketika ulangan, Anti tidak bisa menjawab beberapa soal. Teman yang duduk di sebelah Anti bisa menjawabnya. Sementra teman Anti yang duduk dibangku belakang kerjasama dan saling mencontek.


Cermati cerita bergambar berikut!




Berdasarkan cerita tersebut, Sikap yang sebaiknya Anti lakukan saat itu adalah . . . .
A.     Anti memaksakan diri untuk menjawab soal-soal itu semampunya dan tidak terpengaruhi dengan temannya yang lain.
B.     Anti memaksa teman di sebelahnya itu, untuk memberi tahu jawabannya dan mengancam akan musuhinya.
C.     Anti mengambil kertas ulangan temannya yang sedang mencontek dan melaporkan kepada guru.
D.     Anti diam-diam mencontek beberapa soal jawaban dari teman sebelahnya itu.






8.      Cermatilah gambar dan pernyataan berikut!
Manfaat yang didapat masyarakat:
1)       Mewujudkan pemerintahan yang demokratis.
2)       Membiayai subsidi pangan dan Bahan Bakar Minyak
3)       Sebagai anggaran pengembangan Alat transportasi Massa
4)       Mendanai tim sukses pasangan calon legislatif tertentu dalam pelaksanaan pemilu.
5)       Membiayai pembangunan yang dapat membuka kesempatan kerja dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.








Manfaat yang didapat masyarakat dari ketaatan warga negara seperti yang tampak pada gambar ditunjukkan nomor . . .
A.  1, 2,  dan 3                                                      C.     2, 3, dan 5
B.   2, 3, dan 4                                                       D.     3, 4, dan 5
       
9.      Cermatilah gambar berikut!
Berikut ini dampak yang diperoleh masyarakat dari melaksanakan hak yang tampak seperti gambar, kecuali . . .
A.     Mendukung tercapainya tujuan nasional.
B.     Mengurangi anggaran pendapatan negara
C.     Mempercepat pembangunan nasional.
D.     Mewujudkan pemerintahan yang demokratis.








       
Hak peserta didik di Sekolah :
1         mendapat perlakuan adil (nilai) dari guru
2         meminjam buku di perpustakaan.
3         mempunyai banyak teman.
4         merasa nyaman selama belajar di sekolah
5         menggunakan fasilitas yang ada di sekolah
Kewajiban peserta didik di Sekolah :
K.     mengembalikan buku melebihi batas waktu
L.      merawat fasilitas yang ada disekolah
M.    menjaga kebersihan dan keindahan sekolah
N.     mengerjakan tugas dari guru.
O.     menghargai dan saling membantu teman
10.  Cermati tabel berikut!                                                      

Berdasarkan tabel tersebut, pasangan yang tepat antara Hak dan Kewajiban adalah . . . .
A.  1 – M, 2 – K, 3 – N, dan  4 – L
B.   1 – K, 2 – M, 3 – N, dan  5 – L
C.   1 – L, 3 – N, 4 – M, dan  5 – K
D.  1 – N, 3 – O, 4 – M, dan  5 – L          

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia
Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang memiliki arti pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Setiap bangsa pasti menginginkan kemerdekaan karena kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai. Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi setelah, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.
Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang memiliki kedudukan yang sama dan sederajat serta memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam hubungan internasional.
Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 11, 12, dan 13 !
11.  Judul teks tersebut adalah ….
A.  Asal Kata Proklamasi
B.  Bapak Proklamasi Indonesia
C.  Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia
D.  Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

12.  Kata kunci pada judul bacaan tersebut adalah . . . .
A.  Makna Proklamasi                                           C.     Bangsa Indonesia
B.   Teks Proklamasi                                              D.     Proklamasi Indonseia
13.  Informasi penting dari teks tersebut adalah . . . .
A.  Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani).
B.   “Proclamatio”  memiliki arti pengumuman resmi kepada seluruh rakyat.
C.   Kemerdekaan merupakan cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa.
D.  Makna proklamasi bagi bangsa Indonesia adalah Indosnesia telah merdeka dan berdaulat.   

………………………………………………………………………………….
Peduli dengan lingkungan bisa dilakukan siapa saja, tidak terkecuali anak-anak. Seperti yang dilakukan Flavian Abe Sam, bocah 11 tahun di Abu Dhabi yang telah mengumpulkan lebih dari 650 kilogram koran bekas dan 60 telepon genggam tak terpakai untuk didaur ulang. “Kita semua harus melakukan apa yang kita bisa untuk menjaga lingkungan. “Sebuah perbuatan kecil bisa berdampak besar,” ujar bocah yang masih duduk di bangku kelas 6 sekolah dasar itu.
Apa yang dilakukan Sam itu sebagai bagian dari gerakan daur ulang yang diprakarsai Kelompok Lingkungan Emirat (EEG) dalam kampanye ‘Recycle, Reforest, Repeat’. Sam yang tercatat sebagai siswa di Sekolah Dasar Al Wathba di Abu Dhabi, memulai keikutsertaannya dalam gerakan itu dengan menyumbang 450 kg koran bekas. Kemudian kembali lagi dengan 200 kg koran bekas lainnya.
Sam, dikutip dari Gulfnews, mulai tertarik pada gerakan lingkungan di usia enam tahun saat dirinya mengikuti kegiatan serupa di sekolah. Setelahnya, Sam mulai kerap mengikuti kampanye lingkungan seperti mengumpulkan kertas dan kaleng bekas, serta penghijauan. Sam bahkan mendatangi sejumlah toko elektronik untuk mengumpulkan telepon  genggam tak terpakai. ”Aku pernah membaca tentang telepon genggam bekas yang harus dibuang secara khusus karena mengandung racun,” ujarnya.
Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 14, 15, dan 16 !

14.  Judul yang tepat untuk bacaan tersebut adalah . . . .
A.     Bocah Aktivis Peduli Lingkungan
B.      Peduli Lingkungan bisa Dilakukan Di mana saja
C.      Keuntungan Pengumpul Kertas dan Kaleng Bekas
D.     Gerakan Lingkungan harus dimulai  dari Usia Enam Tahun
15.  Informasi dari bacaan sesuai dengan kata kunci adalah . . . .
A.  Sam kerap mengikuti kampanye lingkungan
B.   Sam mengumpulkan telepon  genggam tak terpakai
C.   Gerakan daur ulang yang diprakarsai Kelompok Lingkungan Emirat (EEG)
D.  Aktivitas Sam yang peduli lingkungan dengan cara mengumpulkan koran bekas
16.  Makna dari kalimat bercetak tebal dalam teks tersebut adalah . . . .
A.  Perbuatan kecil yang kita lakukan akan bermanfaat untuk kita sendiri.
B.   Sekecil apa pun perbuatan baik yang kita lakukan akan sangat bermanfaat.
C.   Sekali berbuat hal kecil bisa menghasilkan yang besar
D.  Satu perbuatan kecil tidak akan bisa bermanfaat        
     
17.  Perhatikan teks berikut dengan cermat!
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.”
Kalimat utama paragraf tersebut adalah . . . .
A.     Banyak manfaat yang atas terpenuhinya hak
B.     Hak dan kewajiban dilakukan secara seimbang
C.     Kewajiban dilakukan terlebih dahulu daripada hak
D.     Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban





18.  Perhatikan judul teks dan kalimat acak berikut !

Bahaya Jajanan tidak Sehat di Sekitar Sekolah
1)       Menyikapi hal ini BPOM menggalakkan aksi nasional menuju makanan jajanan anak sekolah yang aman, sehat, dan bergizi.
2)       Siswa sekolah dasar cenderung lebih mudah tertarik dengan makanan yang berwarna-warni cerah.
3)       Untuk itu orang tua, siswa, dan sekolah perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya makanan bergizi serta mengenal tanda-tanda makanan yang tidak aman dikonsumsi.
4)       Oleh karenanya, sangat diharapkan peran sekolah untuk menyediakan kantin yang menjual makanan sehat.
5)       Komunitas sekolah menjadi mitra yang akan diberdayakan untuk bekerja sama menjalankan aksi ini.
Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian
 













Berdasarkan judul teks, susunan kalimat acak tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah . . . .
A.  1 – 2 – 3 – 4 – 5
B.   2 – 3 – 1 – 5 – 4
C.   2 – 4 – 1 – 5 – 3
D.  3 – 2 – 4 – 5 – 1         
     
Mengapa Harus Melaksanakan Hak?
Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Hal tersebut pemerintah menetapkan hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.
Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.
Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. rakyat akan lebih diperhatikan sehingga kesejahteraan.
Perhatikan teks berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20 !
19.  Berikut yang bukan gagasan utama pada setiap paragraf tersebut adalah  . . .  
A.  Kita harus melaksanakan Undang – Undang Dasar.
B.   Pemenuhan hak warga negara Indonesia.
C.   Pelaksanaan hak dan kewajiban harus seimbang.
D.  Pelaksanaan hak warga negara Indonesia dalam pemilu.        

20.  Perbaikan tata kalimat yang bercetak tebal pada teks bacaan tersebut adalah  . . . .
A.  Kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan sehingga.
B.   Sehingga kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.
C.   Kesejahteraan rakyat sehingga akan lebih diperhatikan.
D.  Sehingga rakyat akan lebih diperhatikan kesejahteraan.


No comments:

Post a Comment